Asesmen Nasional 2021
ASESMEN NASIONAL 2021 - AKM
Pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah.
MUTU DIUKUR DENGAN 3 INSTRUMEN :
ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)
Mengukur literasi membaca dan numerasi.
SURVEI KARAKTER (SK)
Mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai sbg hasil belajar non kognitif.
SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR (SLB)
Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.
MENGAPA LITERASI DAN NUMERASI
- Literasi membaca dan numerasi adalah DUA KOMPETENSI MINIMUM bagi siswa untuk belajar sepanjang hayat & dapat berkontribusi kepada masyarakat.
- Menurut studi nasional & internasinal, tingkat literasi siswa Indonesia masih rendah.
MENGAPA SURVEI KARAKTER
- Pendidikan bertujuan mengembangkan potensi siswa secara utuh.
- Asesmen nasional mendorong mengembangkan sikap, values, dan perilaku yang mencerminkan Pancasila.
- Tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum
- Tidak membedakan peminatan
- Siswa mendapat soal yang mengukur kompetensi yang sama
- Keunikan konteks beragam materi kurikulum lintas mapel dan
- peminatan (ragam stimulus)
- Penguasaan terhadap 2 kompetensi (literasi dan numerasi)
- Dilakukan agar sesuai dengan standar internasional spt PISA
- AKM dilaksanakan secara adaptif
- Tidak ada kisi-kisi
- Keberhasilan AKM tidak melalui proses drilling soal-soal.
- Memperbaiki budaya belajar (diharapkan)
- Tidak ada dikotomi antara mapel UN dan mapel non UN
- Tidak ada mapel utama dan mapel pelengkap
- Tidak ada percepatan materi/bimbingan intensif
- Meningkatkan proses pembelajaran.
- Untuk persekolahan, pesertanya siswa kelas 5,8, dan 11 (dipilih secara acak)
- Untuk pendidikan kesetaraan, pesertanya siswa kelas 6, 9 ,12 (yang memerluan)
- Setiap peserta mengerjakan AKM, SK, dan SLB.
- Semua guru dan KS mengerjakan SLB secara mandiri.
PELAKSANAAN
- Menggunakan daring.
- Jadwal yang ditentukan dan diawasi.
- Guru dan KS mengerjakan survei scr mandiri, waktu cukup panjang.
WAKTU
Jenjang SD
- Hari 1, tes literasi 75 menit
- Hari 1, survei karakter 20 menit
- Hari 2, tes numerasi 75 menit
- Hari 2, survei lingkungan belajar 20 menit
- Hari 1, tes literasi 90 menit
- Hari 1, survei karakter 30 menit
- Hari 2, tes numerasi 90 menit
- Hari 2, survei lingkungan belajar 30 menit.
- Berfungsi mengevaluasi kualitas
- Sampel peserta didik kelas 5, 8,11 ditentukan oleh Kemdikbud
- Pelaksanaan terstandar oleh Pusat
- Fungsi formatif untuk memahami hasil belajar individu peserta didik
- Peserta didik kelas 2 – 12 sesuai kebutuhan diagnosis guru
- Pelaksanaan oleh guru di kelas
- MENEMUKAN INFORMASI
Mencari, mengakses & menemukan informasi tersurat dari wacana.
- INTERPRETASI DAN INTEGRASI
Memahami informasi tersurat & tersirat, memadukan interpretasi
antar bagian teks untuk menghasilkan inferensi.
- EVALUASI & REFLEKSI
Menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks & mampu mengaitkan isi teks dgn hal lain di luar teks.
NUMERASI :
PEMAHAMAN
Memahami fakta, prosedur serta alat matematika
PENERAPAN
Mampu menerapkan konsep matematika dlm situasi nyata yang bersifat rutin
PENALARAN
Bernalar dengan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah bersifat nonrutin.
Komentar
Posting Komentar